Saturday, March 26, 2016

Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru

Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru - Kali ini Arena Seluler akan mengulas artikel Seluler terbaru berjudul Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru yang dikutip dari Tabloid Pulsa. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru, anda bisa menyimak artikel kami tentang Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru dibawah ini.
Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru



Saat Samsung Z pertama kali diumumkan di acara Tizen Developer Conference 2014 (TDCSF14) yang berlangsung di San Fransisco pada awal Juni kemarin, salah satu poin penting yang masih menjadi misteri hingga sekarang adalah terkait spesifikasi hardware yang dimiliki. Prosesor atau SoC apa yang digunakan? Dari Qualcomm, Exynos atau Intel? Kini tersiar kabar bahwa Samsung Z akan menggunakan Processor Exynos ModAP terbaru! Seperti apa?

Dilansir dari tizenindonesia, selama ini banyak media yang berspekulasi bahwa Samsung Z akan menggunakan SoC (System-on-Chip) Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800. Dari data spesifikasi yang disebutkan memang banyak mengindikasikan penggunaan prosesor ini, seperti jumlah core, clock speed, hingga dukungan modem LTE kategori 4 dan GLONAS untuk navigasi serta MIMO untuk Wi-Fi. Dan ini tak jauh beda dengan smartphone komersial Tizen sebelumnya yang batal untuk dirilis, yakni Samsung ZeQ SC-03F yang disinyalir juga menggunakan Snapdragon 800.

Kenyataan ini tentu saja sangat bertentangan dengan kepentingan dari anggota Tizen Association, sebuah konsorsium yang dibentuk untuk memandu peran industri dari Tizen. Hampir semua anggota Tizen Association adalah perusahaan komponen, produsen perangkat dan operator telekomunikasi yang ingin membuat standar sendiri dalam industri mobile. Standar yang tentu saja berbeda dengan yang diterapkan oleh Qualcomm. Hal ini adalah langkah untuk mengikis dominasi WinTel (sebutan untuk Windows dan Intel) dan menerapkan standar industri yang lebih terbuka.

Jumat (11/7) kemarin, Samsung meluncurkan processor quad core solusi LTE pertama mereka yakni Exynos ModAP yang dibangun dalam pemrosesan 28nm HKMG (High-K Metal Gate). Dalam banyak hal, fitur Exynos ModAP sesuai dengan spesifikasi yang diumumkan oleh Samsung Z, seperti jumlah core, dukungan LTE ketegori 4, hingga kamera dengan resolusi 8MP.

Penggunaan prosesor Exynos ModAP juga akan memaksimalkan kinerja smartphone Tizen daripada milik Qualcomm, karena semua smartphone referensi Tizen sebelumnya menggunakan Exynos dan Intel Atom. Serta juga akselerasi grafis akan lebih maksimal melalui GPU Mali di Samsung Exynos. Jadi jika benar Samsung Z menggunakan SoC Exynos ModAP maka besar kemungkinan tanggal perilisannya harus menunggu hingga chip ini tersedia secara massal

Sekian Berita Seluler terbaru dari kami mengenai Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru. Harapan kami Semoga artikel Arena Seluler yang berjudul Samsung Z Akan Gunakan Prosesor Exynos ModAP Baru ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa terus kunjungi Arena Seluler untuk mendapatkan Berita Seluler setiap harinya.